Sidoarjo





Sidoarjo yang merupakan daerah delta adalah sebuah kabupaten tempat diamana saya dibesarkan. Seringkali muncul di berita dengan kabar tentang lumpur panasnya. Gambar diatas adalah sebuah tugu di tengah alun-alun kabupaten Sidoarjo. Tepat diseberangnya terdapat pendopo dan rumah dinas pak bupati serta sebuah sekolah dasar tempat saya dulu belajar (hehe).

Daerah sekitar alun-alun kota tentu merupakan tempat yang paling ramai penduduk sehingga di kota kecil seperti Sidoarjo pun seringkali terjadi kemacetan apalagi karena banyaknya pabrik yang terdapat di Sidoarjo. Sidoarjo yang terkenal dengan udang dan bandengnya (digunakan sebagai lambang Kabupaten Sidoarjo) merupakan daerah yang surplus dan seringkali mendapatkan adipura. Wilayahnya tidak begitu besar namun pendapatannya tiggi.

Sidoarjo memiliki banyak sekali makanan khas, diantaranya petis ikan dan udang, kupang lontong, bandeng (berbagai olahan bandeng), dan klepon.

Sidoarjo juga memiliki ajang budaya yaitu Guk dan Yuk seperti Jakarta dengan Abang None dan Surabaya dengan Cak dan Ning.

Di Sidoarjo selain terkenal dengan wisata lumpur panas juga memiliki beberapa candi. Ada enam buah candi yang terdapat di Sidoarjo yaitu Candi Dermo, Candi Medalem, Candi Pari, Candi Sumur, dan Candi Pamotan.




No comments:

Post a Comment